Espresso 101: Karakter Rasa, Komponen, dan Cara Membuatnya

Espresso 101: Karakter Rasa, Komponen, dan Cara Membuatnya

Info
17 Apr 2023

bitkaorigin.com – Jika kamu sering minum kopi, atau membeli minuman kopi dan nongkrong di café, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan espresso, kan?

Pada dasarnya espresso adalah dasar dari sebagian besar minuman berbahan dasar susu, seperti latte dan cappucino, serta jumlah dari apa yang membuat espresso disukai oleh banyak pecinta kopi dengan rasanya yang short, tajam, dan murni.

Jika kamu ingin tahu lengkapnya tentang espresso, kali ini kami akan membahasnya lebih dalam untukmu.

 

Espresso 101: Karakter Rasa, Komponen, dan Cara Membuatnya

 

Apa itu espresso?


Kata espresso, dalam bahasa Italia berarti 'cepat dalam waktu'. Sebelum munculnya mesin espresso, espresso hanyalah minuman kopi kental yang dibuat dengan memaksa air panas mengalir melalui biji kopi yang ditumbuk halus dan dimaksudkan untuk dibuat segar untuk orang yang memesannya.

Espresso biasanya disajikan dalam porsi kecil dalam cangkir yang disebut Demitasses. Satu shot espresso sering digunakan sebagai bahan dasar minuman kopi lainnya seperti latte dan cappucino.

 

Karakteristik espresso

Ketika kamu memiliki espresso yang dibuat dengan benar, kamu akan melihat bahwa itu sangat beraroma dan cukup kuat dengan konsistensi yang kental dan rasa yang kuat karena konsentrasi bahan penyedap kopi yang tinggi.

Pembuatan espresso yang benar menggunakan suhu dan tekanan penyeduhan yang tepat yang dibuat oleh mesin espresso.

Ini memaksa air panas melalui bubuk kopi yang dipadatkan. Yang juga penting adalah kehalusan gilingan kopi serta jenis penggiling kopi yang digunakan.

Secara umum ukuran gilingan untuk mesin espresso yang digerakkan oleh uap harus sedikit lebih halus daripada ukuran gilingan yang digunakan untuk mesin espresso yang digerakkan oleh pompa karena mesin yang digerakkan oleh uap menghasilkan lebih sedikit tekanan.

Penggiling duri berbentuk kerucut lebih disukai oleh pecinta kopi gourmet daripada penggiling duri beroda. Faktor penting lainnya adalah kesegaran biji kopi serta penyimpanan dan pemanggangan yang tepat.

Biji kopi paling baik digiling sesaat sebelum menarik espresso. Portafilter dan demitasse dari mesin espresso (pembuat espresso) harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum espresso diseduh.

 

Komponen dalam satu shot espresso


Saat membuat espresso yang sempurna, ada tiga komponen yang perlu kamu ketahui, yaitu body, heart, dan crema. Setiap bagian memainkan peran penting dalam produk akhir.

1. Crema – Lapisan atas

Crema adalah busa kental dan lembut yang berada di atas espresso shot kamu. Itu terdiri dari minyak kopi dan padatan terlarut yang diekstraksi dari biji selama proses penyeduhan.

Crema sangat penting karena menambahkan rasa dan tekstur pada espresso. Jika crema terlalu encer, artinya kopi tidak terekstraksi dengan baik dan akan terasa pahit.

Jika crema terlalu kental, kopi akan terekstrak berlebihan dan akan menjadi asam. Krema yang sempurna harus berwarna cokelat muda dan memiliki tekstur, seperti beludru.

2. Body – Lapisan tengah

Body adalah lapisan tengah dari espresso shot dan terdiri dari cairan kopi yang sebenarnya. Body harus berwarna coklat tua dan memiliki konsistensi, seperti sirup.

Body memiliki peran penting karena memberikan rasa khas pada espresso. Jika body terlalu ringan, kopi tidak diseduh dengan benar dan akan encer.

Jika body terlalu gelap, kopi diseduh secara berlebihan dan akan terasa gosong. Body yang sempurna harus kaya dan penuh rasa.

3. Heart – Lapisan bawah

Heart adalah lapisan paling bawah dari minuman espresso dan sebagian besar terdiri dari air dengan sedikit padatan terlarut. Komponen ini harus berwarna jernih dan tidak memiliki rasa yang berbeda.

Heart punya peran penting karena menambah keseimbangan pada espresso dengan mengencerkan rasa intens dari body dan crema.

Jika terlalu gelap, air yang digunakan dalam proses penyeduhan tidak cukup, yang menghasilkan espresso yang terlalu kuat.

Jika terlalu ringan, maka terlalu banyak air yang digunakan dalam proses pembuatan bir, menghasilkan espresso yang lemah. Komponen heart yang sempurna harus berwarna terang dan rasanya manis.

 

Read Other Articles

 Grind Size Kopi 101: Jenis Ukuran dan Metode Penyeduhannya

 Coffee Tasting Notes: Faktor Rasa dan Cara Mendeskripsikannya

 Kopi Luwak 101: Sejarah, Proses, Cita Rasa, dan Kehalalannya


Manfaat kopi espresso


Espresso mengandung lebih banyak kafein per ons daripada kopi tradisional, di mana ini dapat memberikanmu banyak manfaat, seperti:

1. Meningkatkan memori dan fokus

Dalam hal fungsi otak, kopi sering digunakan untuk membantu kita dalam konsentrasi dan perhatian.

Satu shot espresso setiap hari tidak hanya membantumu menyimpan informasi apa pun yang kamu butuhkan, tetapi juga memungkinkanmu mengingat kembali informasi tersebut saat dibutuhkan nanti.

Dengan kata lain, melakukan sesuatu seperti minum espresso sebelum belajar atau minum espresso sebelum ujian, bisa bermanfaat bagimu dalam mengingat materi dengan lebih baik.

Selain itu, minum espresso sebelum belajar dan sebelum ujian juga akan membantu kadar dopamin.

Tubuh kita menggunakan dopamin untuk kesenangan, untuk fokus, memotivasi kita, meningkatkan suasana hati dan pembelajaran kita, dan untuk menemukan hal-hal yang menarik.

2. Meningkatkan kinerja fisik

Minum kafein sebelum aktivitas fisik dapat membantu kinerja. Baik kamu akan berolahraga setiap hari atau menikmati olahraga tertentu, espresso adalah minuman yang sempurna untuk meningkatkan kinerja fisikmu.

Espresso dapat membuatmu memacu adrenalin dan memungkinkanmu tampil di level puncak untuk waktu yang lebih lama. Ini, pada gilirannya akan meningkatkan kecepatan, kekuatan, dan kepercayaan diri dalam aktivitas apa pun yang kamu lakukan.

3. Mengandung antioksidan

Dengan kopi yang memberi kita antioksidan karena polifenol-nya (membantu mencegah risiko penyakit), cafestol (bekerja sebagai anti-inflamasi) dan asam hidrosinamik (menetralkan radikal bebas), espresso seperti minuman pekat dari ketiganya.

Antioksidan penting bagi tubuh kita karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit lainnya.

4. Dapat mengurangi risiko stroke

Meski perlu minum secara bertanggung jawab, semakin banyak espresso yang diminum pasien, semakin rendah risiko stroke. Studi ini menemukan bahwa minum espresso membantu mengurangi risiko wanita sehat terkena stroke.

Sebuah studi terpisah, lebih dari 10 tahun, juga menemukan hasil yang serupa dan menyatakan bahwa minum satu cangkir kopi atau lebih sehari mengurangi risiko stroke.

Temuan ini bisa jadi karena efek antioksidan kopi pada tubuh dan membantu pencegahan penyakit.

 

Jumlah kafein dalam espresso

Seperti yang telah kita bahas espresso sebagai minuman untuk membangunkanmu dan menghasilkan sentakan energi untuk aktivitas harianmu, kandungan kafeinnya mungkin tampak lebih dari kopi biasa.

Karena espresso jauh lebih kecil dari secangkir kopi, kandungan kafeinnya lebih sedikit daripada kopi standar yang diseduh.

Espresso standar mengandung 212mg kopi per 100 gram.

Jumlah tersebut masih tergolong normal karena batas maksimalnya seseorang mengonsumsi kafein dalam 400mg. Hal ini membuat beberapa espresso sehari aman untuk sebagian besar orang dewasa yang sehat.

 

Cara membuat espresso


Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat espresso:

Bahan-bahan:

· 1 shot espresso (7 gram kopi digiling halus)

· Air panas (sekitar 30-60 ml)

Alat:

· Mesin espresso

· Gelas espresso

· Gilingan kopi

· Timbangan kopi (opsional)

Langkah-langkah:

· Siapkan mesin espresso dan panaskan mesin selama beberapa menit hingga mencapai suhu yang cukup panas.

· Giling biji kopi menjadi bubuk halus sekitar 7 gram. Kamu dapat menggunakan timbangan kopi untuk mengukur jumlah kopi yang tepat.

· Isi portafilter dengan bubuk kopi yang telah digiling halus, kemudian padatkan hingga padat.

· Pasangkan portafilter ke mesin espresso, pastikan mesin dalam kondisi panas dan siap untuk digunakan.

· Taruh cangkir espresso di bawah portafilter.

· Hidupkan mesin dan biarkan air panas mengalir melalui portafilter dan masuk ke dalam cangkir espresso.

· Tunggu sekitar 25-30 detik sampai semua air melewati bubuk kopi dan terkumpul dalam cangkir espresso.

· Setelah selesai, matikan mesin espresso dan ambil cangkir espresso dari bawah portafilter.

· Espresso siap disajikan.

Jadi, itulah tadi informasi lengkap seputar espresso. Semoga artikel ini membantu pemahamanmu. Informasi seputar kopi lainnya bisa kamu cek di blog bitkaorigin.

 

Referensi:

  • Eraofwe, (2021). Everything You Should Know About Espresso.
  • Elevatedcoffeebrew, (2022). Everything You Need to Know About Espresso (But Were Afraid to Ask).
  • Vitacup, (2023). Everything You Need To Know About Espresso.
  • Thecoffeefolk, (2023). How to Make Espresso: A beginners Guide.
  • Gratefulearthcoffee, (2022). EVERYTHING YOU NEED TO KNOW ABOUT ESPRESSO.



Jika kamu atau bisnismu sedang mencari supplier green beans, roasted beans, ataupun kopi siap minum, BITKA Coffee Roastery bisa menjadi solusimu. Selain menjual produk kopi siap saji, BITKA Coffee Roastery juga menyediakan aneka pilihan green beans, roasted beans dari berbagai daerah di Indonesia. 

Klik atau tap gambar di bawah ini untuk langsung memulai obrolan dengan kami seputar kopi sekarang!

Share this interesting info to your fellow!

chat sekarang