Perbedaan Full Wash vs Semi Wash dalam Proses Pengolahan Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Full Wash vs Semi Wash dalam Proses Pengolahan Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Info
14 May 2024

bitkaorigin.com - Sebagai pecinta kopi, kamu mungkin sudah familiar dengan istilah full wash dan semi wash. Dua metode pengolahan kopi ini merupakan bagian penting dalam menentukan rasa dan karakteristik secangkir kopi favoritmu.


Perbedaan Full Wash vs Semi Wash dalam Proses Pengolahan Kopi yang Wajib Kamu Ketahui


Artikel ini akan menyelami dunia full wash dan semi wash secara detail, membantumu memahami perbedaannya dan bagaimana hal tersebut memengaruhi cita rasa kopi yang kamu nikmati.


Apa itu Kopi Full Wash itu?

Full wash, juga dikenal sebagai washed process, adalah metode pengolahan kopi yang melibatkan fermentasi dan pencucian menyeluruh pada biji kopi. Proses ini dimulai dengan ceri kopi yang dipetik dan kemudian difermentasi selama 12 hingga 48 jam. Fermentasi ini membantu memecah daging buah kopi, melepaskan biji kopi yang terbungkus di dalamnya.


Setelah fermentasi, biji kopi dicuci bersih dengan air untuk menghilangkan sisa daging buah dan lendir. Pencucian ini menghasilkan biji kopi yang bersih dan berwarna hijau kekuningan. Biji kopi kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan mesin pengering hingga mencapai kadar air sekitar 10-12%.


Karakteristik Kopi Full Wash


Kopi full wash umumnya dikenal dengan karakteristik berikut:


Keasaman (acidity) yang lebih tinggi

Pencucian menyeluruh menghilangkan senyawa yang berkontribusi pada rasa manis dan sirup kopi, menghasilkan rasa asam yang lebih cerah dan bersih.

Body yang lebih ringan

Karena hilangnya komponen rasa dari daging buah, kopi full wash cenderung memiliki body yang lebih ringan dan tipis dibandingkan kopi yang diolah dengan metode lain.

Rasa yang kompleks

Proses fermentasi dan pencucian yang ekstensif memungkinkan rasa asli dari biji kopi bersinar, menghasilkan profil rasa yang kompleks dan beragam.

Cocok untuk kopi specialty

Full wash sering digunakan untuk menghasilkan kopi specialty dengan rasa yang unik dan istimewa.


Baca Juga

Speciality Coffee: Asal, Standarisasi, dan Cara Membuatnya


Apa Kopi Semi Wash itu?


Semi wash, juga dikenal sebagai giling basah atau honey process, adalah metode pengolahan kopi yang menggabungkan elemen dari full wash dan natural process. Dalam metode ini, ceri kopi difermentasi dengan daging buahnya selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Lama fermentasi menentukan tingkat rasa dan body yang dihasilkan.

Setelah fermentasi, daging buah kopi dipisahkan dari biji kopi dengan menggunakan mesin pulper. Biji kopi yang masih basah kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan mesin pengering hingga mencapai kadar air sekitar 11-12%.


Karakteristik Kopi Semi Wash

Kopi semi wash umumnya memiliki karakteristik berikut:


Keseimbangan rasa

Semi wash menghasilkan kopi dengan keseimbangan antara keasaman dan rasa manis, menghasilkan rasa yang lebih kompleks dan kaya dibandingkan full wash.

Body yang lebih tebal

Karena sisa daging buah yang tertinggal, kopi semi wash umumnya memiliki body yang lebih tebal dan rasa yang lebih sirup dibandingkan full wash.

Catatan rasa yang beragam

Tergantung pada lama fermentasi, semi wash dapat menghasilkan berbagai macam catatan rasa, dari rasa buah yang manis hingga rasa cokelat yang pahit.

Cocok untuk berbagai jenis kopi

Semi wash adalah metode yang serbaguna yang dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis kopi, dari kopi espresso hingga kopi drip.


Memilih Antara Full Wash dan Semi Wash

Pilihan antara full wash dan semi wash tergantung pada preferensi rasa pribadimu.

Jika kamu menyukai kopi dengan keasaman yang cerah dan rasa yang kompleks, full wash mungkin pilihan yang tepat.

Namun, jika kamu lebih menyukai kopi dengan body yang lebih tebal dan rasa yang lebih manis, semi wash mungkin lebih cocok untukmu.


Tips Menikmati Kopi Full Wash dan Semi Wash


Dibawah ini adalah beberapa tips dan trik menikmati kopi full wash dan kopi semi wash yang bisa kamu coba lakukan sendiri, diantaranya adalah:


Giling kopi dengan tepat

Gunakan grinder kopi yang berkualitas untuk menghasilkan gilingan yang konsisten untuk metode brewing yang kamu pilih.

Gunakan air dengan kualitas tinggi

Air yang bersih dan bebas rasa akan membantu mengeluarkan rasa terbaik dari kopi.

Eksperimen dengan rasio kopi dan air

Temukan rasio kopi dan air yang sempurna untuk menghasilkan secangkir kopi yang sesuai dengan seleramu.

Seduh kopi dengan suhu yang tepat

Suhu air yang tepat akan membantu mengekstrak rasa terbaik dari kopi.


Full wash dan semi wash adalah dua metode pengolahan kopi yang unik dengan karakteristik rasa yang berbeda.

Memahami perbedaan antara kedua metode ini dapat membantumu memilih kopi yang sesuai dengan preferensi rasa pribadimu.


Demikian penjelasan artikel tentang Perbedaan Full Wash vs Semi Wash dalam Proses Pengolahan Kopi yang Wajib Kamu Ketahui. Sebagai pecinta kopi, nikmati perjalananmu menjelajahi dunia full wash dan semi wash untuk menemukan kopi favoritmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!





Jika kamu atau bisnismu sedang mencari supplier green beans, roasted beans, ataupun kopi siap minum, BITKA Coffee Roastery bisa menjadi solusimu. Selain menjual produk kopi siap saji, BITKA Coffee Roastery juga menyediakan aneka pilihan green beans, roasted beans dari berbagai daerah di Indonesia. 

Klik atau tap gambar di bawah ini untuk langsung memulai obrolan dengan kami seputar kopi sekarang!

Share this interesting info to your fellow!

chat sekarang