Kenapa Kopi Rasanya Pahit? Inilah Jawabannya!

Kenapa Kopi Rasanya Pahit? Inilah Jawabannya!

Info
07 Mar 2023

bitkaorigin.com – Kopi memang sering dikaitkan dengan kepahitan, tapi rasa pahit sendiri dapat berperan dalam secangkir kopi yang enak.

Jika meminum secangkir kopi yang benar-benar enak, kamu akan menemukan bahwa rasa pahit bukanlah rasa yang dominan. Ada rasa lain, seperti bunga, buah, rempah-rempah, hingga sedikit rasa cokelat.

Faktanya, ada seluruh roda rasa yang didedikasikan untuk mendeskripsikan kopi yang enak.

Jadi, jika hanya ada rasa pahit yang kamu rasakan dalam secangkir kopi, itu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dilansir dari homegrounds.co, inilah penyebab kenapa kopi rasanya pahit.

 

Kenapa Kopi Rasanya Pahit? Inilah Jawabannya!

 

1. Kopi terlalu lama diseduh dan diekstraksi


Kopi yang terlalu banyak diekstraksi sejauh ini merupakan alasan paling umum untuk kopi pahit. Hal ini terjadi ketika kamu mengekstrak terlalu banyak minyak kopi dari biji kopi selama penyeduhan.

Semakin banyak kamu mengekstrak, semakin pahit rasa kopinya. Ada beberapa cara berbeda untuk mencegah ekstraksi berlebihan, tetapi hal yang paling penting untuk diingat adalah waktu sangat penting.

Titik manis untuk sebagian besar metode pembuatan kopi (brewing methods) adalah sekitar 4-5 menit. Setelah itu, kopi akan mulai pahit.

Misalnya, jika kamu menggunakan french press, pastikan untuk menekan tombol segera setelah timer berbunyi.

Jika kamu menyeduh dengan tuang di atas kerucut, keluarkan kerucut dari cangkir segera setelah penyeduhan selesai. Dan, jika kamu menggunakan pembuat kopi tetes otomatis, pastikan untuk membuang ampas kopi dari filter segera setelah siklus penyeduhan selesai.

 

2. Biji kopi yang digiling terlalu halus

Menggiling biji kopi mengubah bagaimana senyawa rasa yang larut, yang berarti bahwa jika digiling terlalu kasar, kamu berisiko kehilangan ekstraksi, dan pada gilirannya rasa kopi akan flat atau mungkin terasa asam.

Namun, jika digiling terlalu halus, kamu berisiko mendapatkan kopi pahit yang diekstraksi secara berlebihan. Dalam hal ini, metode penyeduhan yang berbeda akan membutuhkan gilingan yang berbeda.

Terkadang, kamu hanya perlu bereksperimen untuk mengetahui sweet spot-nya, tetapi jika memang kamu mendapatkan secangkir kopi dengan rasa yang buruk dan pahit, kemungkinan bubuk kopimu terlalu halus.

 

3. Menggunakan terlalu banyak kopi

Penyebab umum lainnya kenapa kopi rasanya pahit adalah menggunakan terlalu banyak kopi. Terlalu banyak kopi bukan berarti akan banyak rasa yang ditawarkan.

Jika kamu menggunakan terlalu banyak kopi, air akan kesulitan mengekstraksi semua rasa dari biji kopi. Di mana, hal ini dapat menyebabkan ekstraksi yang tidak merata dengan beberapa minyak kopi diekstraksi dan yang lainnya tidak.

Hasilnya, seringkali berupa secangkir kopi yang pahit dan sepat. Untuk menghindarinya, pastikan menggunakan takaran kopi yang tepat untuk metode seduh yang kamu lakukan.

 

4. Biji kopi yang digunakan sudah lama dan basi


Biji kopi cepat basi setelah dipanggang. Setelah sekitar dua minggu, biji kopi akan mulai kehilangan rasa dan menjadi lebih pahit.

Jadi, jika kamu menggunakan kopi yang berumur lebih dari beberapa minggu, kemungkinan rasa pahitnya berasal dari bijinya sendiri.

Untuk menghindarinya, pastikan untuk membeli biji kopi segar dan menggunakannya dalam beberapa minggu setelah pembelian. Sebagai alternatif, kamu dapat menyimpan kacang dalam wadah kedap udara agar tetap segar lebih lama.

 

5. Menggunakan air yang terlalu panas

Suhu air memainkan peran kunci dalam menyeduh kopi, dan jika terlalu panas itu akan mengekstrak senyawa pahit.

Menurut National Coffee Association, suhu 195°F hingga 205°F sangat ideal untuk ekstraksi yang optimal. Air mendidih biasanya ada di suhu 212 ° F, jadi sebaiknya air tidak dibiarkan sampai terlalu mendidih.

 

6. Peralatan yang dipakai kotor

Jika kamu tidak membersihkan coffee maker secara teratur, minyak dan residu dari minuman sebelumnya dapat menumpuk dan membuat kopi terasa pahit. Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara rutin.

Selain itu, kamu juga harus memastikan untuk membersihkan atau mengganti filter permanennya secara teratur. Pasalnya, filter lama atau tersumbat juga dapat menyebabkan kopi terasa pahit.

 

7. Menggunakan biji kopi yang salah


Terakhir, perlu dicatat bahwa beberapa jenis biji kopi bisa terasa lebih atau kurang pahit. Misalnya, biji Arabika lebih lembut dan seimbang, sedangkan biji Robusta sering digambarkan lebih agresif dan berani.

Jadi, jika kamu merasa kopimu selalu pahit, mungkin ada baiknya mencoba jenis biji kopi yang berbeda.

Itulah tadi beberapa faktor yang menjelaskan kenapa kopi rasanya pahit. Jika kamu menemukan salah satu di antaranya yang menyebabkan kopimu terasa pahit, kamu bisa mulai mengatasinya sekarang.

 

Referensi:

  • Homegrounds. 8 Reasons For Bitter Coffee (And How To Fix).
  • Elevatedcoffeebrew, (2022). What Makes Coffee Taste Bitter? Extracting the Truth.
  • Thekitchn, (2022). 4 Reasons Your Coffee Tastes Bitter.
  • Coffeebros. Coffee Tastes Bitter? Here Why, And How To Fix It.




Jika kamu atau bisnismu sedang mencari supplier green beans, roasted beans, ataupun kopi siap minum, BITKA Coffee Roastery bisa menjadi solusimu. Selain menjual produk kopi siap saji, BITKA Coffee Roastery juga menyediakan aneka pilihan green beans, roasted beans dari berbagai daerah di Indonesia. 

Klik atau tap gambar di bawah ini untuk langsung memulai obrolan dengan kami seputar kopi sekarang!

Share this interesting info to your fellow!

chat sekarang