Hubungan antara Kopi dan Penurunan Berat Badan

Hubungan antara Kopi dan Penurunan Berat Badan

Info
04 Mar 2024

bitkaorigin.com - Bagi para pecinta kopi, secangkir kopi di pagi hari bukan hanya ritual untuk memulai hari, tetapi juga momen untuk menikmati rasa dan aroma kopi yang khas. Namun, tahukah kamu bahwa kopi juga memiliki hubungan dengan penurunan berat badan? Apakah kopi nyata bisa menurunkan berat badan kamu? Simak artikel ini sampai habis dan temukan jawabannya sekarang juga!


Hubungan antara Kopi dan Penurunan Berat Badan



1. Kopi dan Metabolisme

Kopi mengandung kafein, senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lebih tinggi berarti tubuh membakar kalori lebih banyak, baik saat beraktivitas maupun saat istirahat. Kafein dalam kopi juga dapat membantu menekan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga kamu cenderung makan lebih sedikit.


2. Kopi dan Penurunan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal "The American Journal of Clinical Nutrition" menemukan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.


Baca Juga

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan



3. Kopi dan Lemak Tubuh


Kopi juga dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal "Nutrition and Metabolism" menemukan bahwa orang yang minum kopi selama 12 minggu mengalami penurunan lemak tubuh yang lebih signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.


4. Jenis Kopi dan Berat Badan

Jenis kopi yang kamu konsumsi juga dapat memengaruhi berat badan. Kopi hitam tanpa gula adalah pilihan terbaik untuk menjaga berat badan karena tidak mengandung kalori tambahan.


Tips Menikmati Kopi untuk Menjaga Berat Badan

Berikut adalah beberapa tips untuk menikmati kopi sambil menjaga berat badan, diantaranya adalah:

  1. Pilih kopi hitam tanpa gula. Hindari menambahkan gula, krimer, atau sirup ke dalam kopi karena akan menambah kalori
  2. Batasi konsumsi kopi. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia, kecemasan, dan sakit kepala. Batasi konsumsi kopi hingga 400 mg kafein per hari, atau setara dengan 4 cangkir kopi
  3. Minum kopi sebelum makan. Minum kopi sebelum makan dapat membantu menekan rasa lapar dan membuat kamu makan lebih sedikit
  4. Hindari minum kopi di malam hari. Kafein dalam kopi dapat mengganggu tidur, sehingga sebaiknya hindari minum kopi di malam hari


Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan?


Kopi dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal. Namun, penting untuk memilih kopi yang tepat dan mengkonsumsinya dengan moderat.


Ingatlah bahwa kopi bukanlah solusi ajaib untuk menurunkan berat badan. Menjaga pola makan sehat dan berolahraga secara teratur adalah kunci utama untuk mencapai berat badan ideal. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang pecinta kopi!




Jika kamu atau bisnismu sedang mencari supplier green beans, roasted beans, ataupun kopi siap minum, BITKA Coffee Roastery bisa menjadi solusimu. Selain menjual produk kopi siap saji, BITKA Coffee Roastery juga menyediakan aneka pilihan green beans, roasted beans dari berbagai daerah di Indonesia. 

Klik atau tap gambar di bawah ini untuk langsung memulai obrolan dengan kami seputar kopi sekarang!

Share this interesting info to your fellow!

chat sekarang